Background

Para aktivis pendukung peningkatan status Palestina beraksi di halaman markas Uni Eropa di Brussels, 19 November 2012/Reuters
MOSKOW  - Sejumlah negara eropa terus memberikan dukungan tentang peningkatan status Palestina di PBB.
Setelah Prancis, Denmark, dan Spanyol, giliran Rusia memberikan dukungan serupa.
“Federasi Rusia akan memberikan suara yang mendukung resolusi ini sesuai dengan sikap dasar kami,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia, Rabu (28/11).
Pemungutan suara di Majelis Umum PBB akan dilangsungkan pada Kamis (29/11).
Rusia, negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB, telah lama menyatakan akan mendukung sebuah resolusi yang memberi Palestina status sebuah “negara bukan anggota”.
“Dukungan kami atas keputusan Majelis Umum ini juga didasari oleh kenyataan bahwa langkah ini di pihak Palestina dianggap oleh mereka sebagai… alternatif bagi proses perdamaian di Timur Tengah,” kata kementerian itu.
“Pada tahapan ini upaya-upaya internasional dan regional perlu dipusatkan pada memulai segera negosiasi langsung Palestina-Israel,” tambahnya.
Mayoritas dari 193 negara anggota diperkirakan memberikan suara yang mendukung resolusi itu, termasuk Rusia dan China, sementara Israel dan sekutu utamanya, AS, menentang keputusan tersebut. (Antara/sae)

Categories: Share

Leave a Reply